Jumat, 09 November 2012

BAB 5. P E M A S A R A N


BAB 5
P E M A S A R A N

Pengertian pemasaran

Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya transaksi jaul beli tergantung pada keputusan pembeli sendiri.
Pada dasarnya fungsi pemasaran itu merupakan proses kegiatan yang tidak sederhana dari barang sebelum produksi sampai bagaimana supaya sampai ditangan konsumen yang dapat menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai pada kembalinya modal perusahaan.


fungsi utama mengaa kegiatan pemasaran dilakukan:
Untuk member informasi tentang produk yang dijual perusahaan
Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

Hubungan pemasaran  dan pasar

Pemasaran merupakan proses kegiatan dari produsen ke tangan konsumen. Kerena merupakan suatu proses kegiatan dimana kegiatan itu dilakukan, kapan kegitan dilakukan, kapan kegiatan tersebut dapat dilakukan dan bagaimana caranya.

Semua tujuan tersebut berhubungan dengan pasar dimana produsen yang menaarkan barang akan bertemu dengan konsumen yang membutuhkannya. Disinilah letak kegiatan pemasaran dilakukan dan kegiatan pemasaran tersebut mencakup strategi-strategi pemasaran perusahaan yang baik, cara-cara dilakukan perusahaan maupun saat kapan kegiatan tersebut dilakukan.

Dengan melihat pengertian diatas dapat disimpulkan aa saja yang menjadi faktor utama terjadinya pasar:
Orang –orang yang mempunyai keinginan untuk terpuaskan.
Daya beli konsumen
Tingkah laku pembeli atau setelah pembelian.
Harga yang disetujui oleh kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli).
Jadi hubungan antara pemasaran dan pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat terjadinya jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan jual beli.


Pendekatan pemasaran
Mempelajari pemasaran dapat dilakukan dari berbagai pendekatan yaitu:
Pendekatan serba fungsi.
Pendekatan serba lembaga.
Pendekatan serba barang.
Pendekatan serba manajemen.
Pendekatan serba sistem.

Kegiatan utama pemasaran

Produk
Pemilihan barang/produk
Pembungkus barang
Merk barang

Harga
Pengertian harga
Harga merupakan factor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi lemah.

Cara menentukan harga
Menentukan harga yang sangat tinggi.
Menentukan harga serendah mungkin.

. Penawaran dan permintaan
Permintaa adalah suatu jumlah barang dan jasa yang dibeli pada tingkat harga tertentu dan cenderung lebih rendah dari yang di tawarkan sehingga semakin barang yang dibeli atau diminta terajdi karena semakin rendahnya tingkat harga yang terjadi.
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditaarkan oleh penjual pada tingkat harga tertentu dimana pada umumnya tinggi barang yang ditwarkan juga semakin banyak.




Politik penetapan harga
Penetapan harga psikologis
Price linning
Potongan harga


Saluran distribusi pemasaran

Saluran distribusi adalah saluran yang diakai oleh produsen untuk enyalurkan barang hasil produksinya kepada konsumen, baik sampai berpindahnya hak (penguasaan) sampai dengan pemmindahan barang hanya pemindahan kepemilikannya saja.


Beberapa alternative pemilihan saluran distribusi

Tipe perantara
Jumlah perantara
Distribusi intensif
Distribusi selektif
Distribusi eksklusif

1.3.4. P R O M O S I
1. Pengertian
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang data mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual.

Dalam promosi terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, pada umumnya ada 4 kegiatan yang bisa dilakukan yaitu:
Periklanan
Personel selling
Promosi penjualan
Publisitas dan humas

2 . P A S A R
MACAM MACAM PASAR
Macam-macam pasar pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 4 bagian yaitu:
Pasar barang konsumen.
Pasar barang industri.
Pasar penjualan.
Pasar pemerintahan.

Penelitian pasar
Pengertian dan kegunaan pasar
Penlitian pasar adalah kegiatan yang berupa pengumulan dan penganalisaan data atau fakta-fakta yang berhubungan dengan usaha penjualan barang dan jasa. Jadi pada penelitian pasar mempunyai 2 kegiatan yaitu:
Pengumpulan data.
Penganalisisan data.

Tahap-tahapan dalam penelitian pasar
Langkah-langkah penelitian pasar dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
Tahap persiapan penelitian.
Tahap pelaksanaan penelitian.
Tahap penyelesaian data.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar