BAB 5
P
E M A S A R A N
Pengertian
pemasaran
Pemasaran
merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada
sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya transaksi jaul beli
tergantung pada keputusan pembeli sendiri.
Pada dasarnya
fungsi pemasaran itu merupakan proses kegiatan yang tidak sederhana dari barang
sebelum produksi sampai bagaimana supaya sampai ditangan konsumen yang dapat
menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai pada kembalinya modal
perusahaan.
fungsi utama
mengaa kegiatan pemasaran dilakukan:
Untuk member
informasi tentang produk yang dijual perusahaan
Untuk
mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
Untuk
menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
Hubungan
pemasaran dan pasar
Pemasaran
merupakan proses kegiatan dari produsen ke tangan konsumen. Kerena merupakan
suatu proses kegiatan dimana kegiatan itu dilakukan, kapan kegitan dilakukan,
kapan kegiatan tersebut dapat dilakukan dan bagaimana caranya.
Semua tujuan
tersebut berhubungan dengan pasar dimana produsen yang menaarkan barang akan
bertemu dengan konsumen yang membutuhkannya. Disinilah letak kegiatan pemasaran
dilakukan dan kegiatan pemasaran tersebut mencakup strategi-strategi pemasaran
perusahaan yang baik, cara-cara dilakukan perusahaan maupun saat kapan kegiatan
tersebut dilakukan.
Dengan melihat
pengertian diatas dapat disimpulkan aa saja yang menjadi faktor utama
terjadinya pasar:
Orang –orang
yang mempunyai keinginan untuk terpuaskan.
Daya beli
konsumen
Tingkah laku
pembeli atau setelah pembelian.
Harga yang
disetujui oleh kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli).
Jadi hubungan
antara pemasaran dan pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat
terjadinya jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan jual beli.
Pendekatan
pemasaran
Mempelajari
pemasaran dapat dilakukan dari berbagai pendekatan yaitu:
Pendekatan serba
fungsi.
Pendekatan serba
lembaga.
Pendekatan serba
barang.
Pendekatan serba
manajemen.
Pendekatan serba
sistem.
Kegiatan
utama pemasaran
Produk
Pemilihan
barang/produk
Pembungkus
barang
Merk barang
Harga
Pengertian
harga
Harga merupakan
factor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar masyarakat
Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi lemah.
Cara
menentukan harga
Menentukan harga
yang sangat tinggi.
Menentukan harga
serendah mungkin.
.
Penawaran dan permintaan
Permintaa adalah
suatu jumlah barang dan jasa yang dibeli pada tingkat harga tertentu dan
cenderung lebih rendah dari yang di tawarkan sehingga semakin barang yang
dibeli atau diminta terajdi karena semakin rendahnya tingkat harga yang
terjadi.
Penawaran adalah
sejumlah barang yang ditaarkan oleh penjual pada tingkat harga tertentu dimana
pada umumnya tinggi barang yang ditwarkan juga semakin banyak.
Politik
penetapan harga
Penetapan harga
psikologis
Price linning
Potongan harga
Saluran
distribusi pemasaran
Saluran
distribusi adalah saluran yang diakai oleh produsen untuk enyalurkan barang
hasil produksinya kepada konsumen, baik sampai berpindahnya hak (penguasaan)
sampai dengan pemmindahan barang hanya pemindahan kepemilikannya saja.
Beberapa alternative
pemilihan saluran distribusi
Tipe perantara
Jumlah perantara
Distribusi intensif
Distribusi selektif
Distribusi eksklusif
1.3.4.
P R O M O S I
1.
Pengertian
Promosi adalah
arus informasi atau persuasi satu arah yang data mengarahkan organisasi atau
seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual.
Dalam promosi terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, pada umumnya ada
4 kegiatan yang bisa dilakukan yaitu:
Periklanan
Personel selling
Promosi penjualan
Publisitas dan humas
2 . P A S A R
MACAM MACAM PASAR
Macam-macam pasar pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 4 bagian yaitu:
Pasar barang konsumen.
Pasar barang industri.
Pasar penjualan.
Pasar pemerintahan.
Penelitian pasar
Pengertian dan kegunaan pasar
Penlitian pasar adalah kegiatan yang berupa pengumulan dan penganalisaan
data atau fakta-fakta yang berhubungan dengan usaha penjualan barang dan jasa.
Jadi pada penelitian pasar mempunyai 2 kegiatan yaitu:
Pengumpulan data.
Penganalisisan data.
Tahap-tahapan dalam penelitian pasar
Langkah-langkah penelitian pasar dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
Tahap persiapan penelitian.
Tahap pelaksanaan penelitian.
Tahap penyelesaian data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar