Selasa, 12 Mei 2015

Audit Pemasaran



Informasi Latar Belakang
PT. XYZ berlokasi di JL. Simpang Raya N0.1005, Depok, didirikan pada tahun 2006 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, didirikan oleh Deva Mahenra dan di bantu oleh beberapa orang yang bekerja di bidangnya masing-masing antara lain:
1. Deva Mahenra  sebagai faounder & president director
2.  Angga Umantara sebagai Corporate secretary
3. Bastian Irawan  sebagai Operating Manajer
4. Chelsea Islansebagai Marketing & Advertising manager
5. Rasyid sebagai Bussines Development Manager
6. Ben Joshua sebagai Supply Chain Management Manager
Tujuan didirikannya perusahaan adalah sebagai penyedia berbagai olahan produk makanan yang unik dan enak, memberikan kualitas pelayanan yang baik dan selalu memberikan nilai tambah dalam produk dan pelayanannya dan senantiasa berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.jenis barang dan produk utama yang dihasilkan:
1. produk dengan olahan Lele
2. produk dengan olahan Ayam
3. produk dengan olahan Bebek
4. produk dengan olahan Sayuran
5. aneka minuman
Susunan direksi perusahaan adalah sebagai berikut:
Direktur Utama                                               : Deva Mahenra
Direktur Administrasi dan keuangan                 : Chelsea Islan
Sedangkan tujuan dilakukannya audit adalah untuk:
1. Mengetahui apakah perusahaan telah menerapkan sistem  ISO 9001:2001
2. Mengetahui kualitas mutu produk perusahaan
3. memberikan saran saran  perbaikan atas kelemahan system pengendalian manajemen yang ditemukan.



BAB II
KESIMPULAN AUDIT
Berdasarkan temuan (bukti) yang telah kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi:
1. upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi belum mencakup manual (buku panduan) kualitasnya.
2. organisasi belum menetapkan suatu prosedur terdokumentasi dalam  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001 yang mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan sebelum diterbitkan.
Kriteria:
1. dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi telah mencakup manual (buku panduan) kualitas.
2. organisasi telah menetapkan suatu prosedur terdokumentasi untuk mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan menurut persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen sebelum diterbitkan.
Penyebab:
1. bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan system manajemen kualitas.
2. tidak menetapkan prosedur terdokumentasi yang mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
Akibat:
1. dokumentasi dalam laporan keuangan dan penerapan manajemennya belum maksimal di jalankan karena tidak menerapkan system manajemen kualitas ISO 9001:2001
2. dokumen-dokumen tidak terdokumentasi dengan baik dan pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna  karena peusahaan tidak menerapkan prosedur dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.


NO
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1
upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi belum mencakup manual (buku panduan) kualitasnya.
dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi telah mencakup manual (buku panduan) kualitas.


bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan system manajemen kualitas.
dokumentasi dalam laporan keuangan dan penerapan manajemennya belum maksimal di jalankan karena tidak menerapkan system manajemen kualitas ISO 9001:2001
2
organisasi belum menetapkan suatu prosedur terdokumentasi dalam  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001 yang mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan sebelum diterbitkan.


organisasi telah menetapkan suatu prosedur terdokumentasi untuk mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan menurut persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen sebelum diterbitkan.
tidak menetapkan prosedur terdokumentasi yang mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
dokumen-dokumen tidak terdokumentasi dengan baik dan pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna  karena peusahaan tidak menerapkan prosedur dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.





BAB III
REKOMENDASI
Hasil audit yang telah dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang menjadi perhatian. Keputusan melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak sesegera mungkin di tangani makan akan terjadi akibat yang lebih buruk pada perusahaan di masa mendatang. Kelemahan ini terdiri dari:
1. kelemahan yang terjadi karena tidak adanya upaya dalam meningkatkan penerapan system manajemen kualitas berdasarkan ISO 9001:2001.
2. kelemahan ini terjadi karena perusahaan belum menetapkan prosedur terdokumentasi dengan mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusaan berdasarkan ISO 9001:2001.
Rekomendasi:
1. perusahaan seharusnya menerapkan penerapan system manajemen pengendalian kualitas berdasarkan ISO 9001:2001
2. perusahaan di harapkan bisa menetapkan prosedur dokumentasi yang telah ditetapkan ISO 9001:2001 ke dalam pengendalian dokumen perusahaan.















BAB IV
RUANG LINGKUP AUDIT

Sesuai dengan tugas yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah manajemen kualitas PT. XYZ untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami mencakup upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001, prosedur terdokumentasi dalam  mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar