Informasi Latar Belakang
PT. XYZ
berlokasi di JL. Simpang
Raya N0.1005, Depok, didirikan pada tahun 2006 sebagai perusahaan
yang bergerak di bidang kuliner, didirikan oleh Deva Mahenra
dan di bantu oleh beberapa orang yang bekerja di bidangnya masing-masing antara
lain:
1.
Deva Mahenra sebagai faounder & president director
2. Angga Umantara sebagai
Corporate secretary
3. Bastian
Irawan sebagai
Operating Manajer
4. Chelsea
Islansebagai Marketing & Advertising manager
5. Rasyid
sebagai Bussines Development Manager
6. Ben
Joshua sebagai Supply Chain Management Manager
Tujuan didirikannya perusahaan adalah sebagai penyedia
berbagai olahan produk makanan yang unik dan enak, memberikan kualitas
pelayanan yang baik dan selalu memberikan nilai tambah dalam produk dan
pelayanannya dan senantiasa berinovasi dan meningkatkan kualitas
pelayanan.jenis barang dan produk utama yang dihasilkan:
1. produk dengan olahan Lele
2. produk dengan olahan Ayam
3. produk dengan olahan Bebek
4. produk dengan olahan Sayuran
5. aneka minuman
Susunan direksi perusahaan adalah sebagai berikut:
Direktur Utama : Deva
Mahenra
Direktur Administrasi dan keuangan :
Chelsea Islan
Sedangkan tujuan dilakukannya audit adalah untuk:
1. Mengetahui
apakah perusahaan telah menerapkan sistem ISO 9001:2001
2.
Mengetahui kualitas mutu produk perusahaan
3. memberikan saran saran perbaikan atas
kelemahan system pengendalian manajemen
yang ditemukan.
BAB
II
KESIMPULAN
AUDIT
Berdasarkan temuan (bukti) yang telah kami peroleh
selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi:
1. upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen
kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi belum mencakup manual (buku
panduan) kualitasnya.
2. organisasi belum menetapkan suatu prosedur
terdokumentasi dalam mengendalikan
seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001
yang mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan sebelum
diterbitkan.
Kriteria:
1. dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001
yang dilakukan organisasi telah mencakup manual (buku panduan) kualitas.
2. organisasi telah menetapkan suatu prosedur
terdokumentasi untuk mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan menurut
persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan
dokumen sebelum diterbitkan.
Penyebab:
1. bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan
system manajemen kualitas.
2. tidak menetapkan prosedur terdokumentasi yang
mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
Akibat:
1. dokumentasi dalam laporan keuangan dan penerapan
manajemennya belum maksimal di jalankan karena tidak menerapkan system
manajemen kualitas ISO 9001:2001
2. dokumen-dokumen tidak terdokumentasi dengan baik
dan pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna karena peusahaan tidak menerapkan prosedur
dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.
NO
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1
|
upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen
kualitas ISO 9001:2001 yang dilakukan organisasi belum mencakup manual (buku
panduan) kualitasnya.
|
dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001
yang dilakukan organisasi telah mencakup manual (buku panduan) kualitas.
|
bagian manajemen kualitas tidak melakukan penerapan
system manajemen kualitas.
|
dokumentasi dalam laporan keuangan dan penerapan
manajemennya belum maksimal di jalankan karena tidak menerapkan system
manajemen kualitas ISO 9001:2001
|
2
|
organisasi belum menetapkan suatu prosedur
terdokumentasi dalam mengendalikan
seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut persyaratan ISO 9001:2001
yang mencakup pengendalian persetujuan terhadap kecukupan dokumen perusahaan
sebelum diterbitkan.
|
organisasi telah menetapkan suatu prosedur
terdokumentasi untuk mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan menurut
persyaratan ISO 9001:2001 mencakup pengendalian persetujuan terhadap
kecukupan dokumen sebelum diterbitkan.
|
tidak menetapkan prosedur terdokumentasi yang
mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan.
|
dokumen-dokumen tidak terdokumentasi dengan baik dan
pengendaliannya tidak terjalan dengan sempurna karena peusahaan tidak menerapkan prosedur
dokumentasi dalam mengendalikan seluruh dokumen.
|
BAB
III
REKOMENDASI
Hasil audit yang telah dilakukan menemukan beberapa
kelemahan yang menjadi perhatian. Keputusan melakukan perbaikan atas kelemahan
ini sepenuhnya ada pada manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak sesegera
mungkin di tangani makan akan terjadi akibat yang lebih buruk pada perusahaan
di masa mendatang. Kelemahan ini terdiri dari:
1. kelemahan yang terjadi karena tidak adanya upaya
dalam meningkatkan penerapan system manajemen kualitas berdasarkan ISO
9001:2001.
2. kelemahan ini terjadi karena perusahaan belum
menetapkan prosedur terdokumentasi dengan mengendalikan seluruh dokumen yang
dibutuhkan perusaan berdasarkan ISO 9001:2001.
Rekomendasi:
1. perusahaan seharusnya menerapkan penerapan system manajemen
pengendalian kualitas berdasarkan ISO 9001:2001
2. perusahaan di harapkan bisa menetapkan prosedur dokumentasi yang
telah ditetapkan ISO 9001:2001 ke dalam pengendalian dokumen perusahaan.
BAB
IV
RUANG
LINGKUP AUDIT
Sesuai dengan tugas yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya
meliputi masalah manajemen kualitas PT. XYZ
untuk periode tahun 2014/2015. Audit kami mencakup
upaya dokumentasi dalam penerapan system manajemen kualitas ISO 9001:2001,
prosedur terdokumentasi dalam
mengendalikan seluruh dokumen yang dibutuhkan perusahaan menurut
persyaratan ISO 9001:2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar