Jumat, 19 Oktober 2012

BAB 4. P E M B E L A N J A A N

1.   Pengertian
Pembelanjaan merupakan salah satu  perusahaan selain personalia, pemasaran, dan produksi.

          Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa pembelanjaan perusahaan mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.     Mendapatkan atau menaikkan tambahan dana perusahaan.
2.     Menggunakan dana secara efisien.
3.     Mendistribusikan laba perusahaan kepada yang berhak.

2.   Menggunakan dana

Penggunaan dana dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu:
1.     Penggunaan dana dalam jangka pendek : kas surat-surat beharga, piutang dan persediaan.
2.     Penggunaan dana dalam jangka panjang : investigasi aktiva tetap termasuk tanah, bangunan dan peralatan.


          Kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah             modal yang dipergunakan disebut Rentabilitas

          Rentabilita s perusahaan dapat dihitung dengan menggunakan rumus      sebagai berikut:
                               Laba/pendapatan bersih
Rentabilitas (RE)                                                =                      X 100% 
                                      Modal kerja

         Factor yang mempengaruhi rentabilitas ekonomis perusahaan.

1.     Usaha yang dipilaih.
2.     Pengalaman perusahaan itu sendiri atau pesaing.
3.     Manajemen usaha.
4.     Kesempatan yang ada.



2.1.         Penggunaan dana jangka pendek

2.1.a.  pengelolaan kas
          Kas merupakan salah satu bentuk aktiva lancar yang paling likuid dimana dapat berbentuk uang tunai atau cek yang dapat sewaktu-waktu diuangkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari perusahaan.


2.1.b. surat-surat beharga
          Keuntungan yang diperoleh dengan Merelokasikan  dana kas tunai kedalam bentuk surat-surat berharga adalah bertambahnya pendapatan dari bunga sertifikat dan kemudahannya dalam menjual kembali atau menjual kembali kalau perusahaan sewaktu-waktu membutuhkan dana tersebut.


2.1.c. pengelolaan piutang
          Timmbulnya piutang karena adanya menjualan kredit dari perusahaan dalam menjual Barang hasil produksi.

Pertimbangan suatu perusahaan melaksanakan penjualan kredit tergantung pada beberapa factor diantaranya:

1.     Kebijaksanaan perusahaan mengenai berapa prosen dari total penjualan perusahaan yang menggunakan kredit.
2.     Syarat pembayaraan dimana ada batas waktu tertentu yang mendapat potongan tunai kemudian setelah lewat batas waktu yang telah ditentukan dimasukkan dalam bentuk kredit.
3.     Kebiasaan langganan dalam melakukan pembayaran.

Perputaraan piutang dapat dicari dengan rumus:

                                      Piutang awal + piutang akhir
1.     Piutang rata-rata =
                                                      2
                                         
                                     Jumlah penjualan kredit
2.     Perputaran piutang =
                                          Piutang rata-rata


2.1.d. pengelolaan persediaan

Pengelolaan persediaan yang salah dapat mengaibatkan masalah yang fatal yaitu:

1.     Beban bunga yang tinggi jika dana yang dipakai merupakan dana kredit dari bank.
2.     Biaya penyimpanan yang tinggi seiring dengan semakin besarnya barang yang disimpan.
3.     Biaya penyimpangan akan memberikan dampak bertambahnya biaya pemeliharaan yang besar juga.
4.     Menanggung beban resiko kerusakan semakin besar kalau penyimpanan barang persediaan juga benar.
5.     Menanggung beban penurunan kualitas terhadap barang persediaan yang kurang tahan lama atau cepat rusak.

2.2.         penggunaan dana jangka panjang

2.2.a. nilai uang sekarang
         Nilai uang sekarang adalah nilai uang pada aal periode penilaian dari sejumlah uang pada akhir periode dengan tingkat bunga tertentu.

2.2.b. nilai majemuk
Nilai hasil pengumpulan uang awal periode penilaian dimana yang akan datang dengan jumlah bunga yang diteria selama periode tersebut.


2.3.4.  Penilaian aktiva tetap beserta analisinya

Penilaian ataupun analisis yang dilakukan perusahaan dapat memakai cara berikut:
1.     Metode net present value.
2.     Metode internal rate of return.
3.     Metode profitability indeks.
4.     Metode pay back eriod
5.     Metode average of return.

Kesimpulannya : Pembelanjaan merupakan salah satu  perusahaan selain dari personalia, pemasaran, dan produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar